Fitur View once WhatsApp Kirim Foto dan Video Terhapus Otomatis Sendiri

WhatsApp kini mulai memperkenalkan fitur kirim pesan foto dan video terhapus secara otomatis bernama View once atau fitur sekali lihat. Fitur Sekali (View once) ini sebernanya sudah pernah dikatakan oleh CEO Facebook, Mark Zuckerberg, di awal Juni 2021.
Fitur View once WhatsApp Kirim  Foto dan Video Terhapus Otomatis Sendiri

View once adalah fitur baru dari WhatsApp untuk pengguna berkirim pesan foto dan video sekali lihat dan dapat menghilang atau terhapus sendiri. File pesan yang dikirim berupa video atau foto dalam ruang obrolan WhatsApp sekali lihat oleh penerima pesan maka akan terhapus dan tidak terlihat lagi oleh penerima maupun pengirim.

Cara Kerja Fitur View Once WhatsApp.

Fitur sekali lihat view once ini bekerja setelah anda memperbaharu versi WhatsApp beta versi 2.21.14.2 di Android. Setelah itu Buka aplikasi WhatsApp pada menu Add Caption akan muncul ikon angka 1 di bagian kanan ponsel, Klik ikon tersebut (Fitur WhatsApp View Once) akan muncul pop-up yang berisi informasi bahwa fitur View Once telah aktif. Lalu silakan anda kirim foto atau video yang di pilih kepada penerima yang ingin dituju. Nanti setelah penerima berhasil membuka dan membacanya, maka foto atau video akan otomatis terhapus sendiri.

Fitur baru kirim pesan foto dan video terhapus otomatis sendiri ini bertujuan untuk keamanan privasi pengguna. Perlu anda ingat bahwa bagaimana adanya fitur kemanan dalam aplikasi tetap saja ada cela seperti ini juga. Meski file pesan sudah terhapus mungkin saja pengguna sudah melakukan screenshot atau tangkapan layar sebelumnya.

Cara Kirim Pesan Foto dan Video WhatsApp Terhapus Otomatis Sendiri ini baru mulai diperkenalkan ke pengguna WhatsApp versi beta, dengan menggunakan WhatsApp beta versi 2.21.14.2 di Android. Cara menggunakan fitur sekali lihat ini sangat mudah, simak dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Fitur View once WhatsApp Kirim  Foto dan Video Terhapus Otomatis Sendiri
Cara kirim foto dan video yang terhapus otomatis di WhatsApp
  1. Pertama-tama perbaharu WhatsApp ke versi beta 2.21.14.2 di perangkat android anda.
  2. lihat di sisi bawah kolom teks, tepat di sebelah kiri tombol kirim, terdapat ikon angka "1" yang terbingkai lingkaran.
  3. Klik ikon tersebut sampai muncul pop up berbunyi "Photo set to view once" (foto diatur sekali lihat).
  4. Kemudian Pilih gambar foto atau video yang ingin anda kirim lewat tombol attachment di aplikasi WhatsApp anda atau melalui file galeri ponsel.
  5. Kemudian kirim foto atau video tersebut.
  6. Foto atau video sudah terkirim otomatis.
  7. Selesai.
Setelah anda mengirim foto mengunakan fitur sekali lihat maka dari sisi penerima, akan melihat keterangan bahwa foto atau video yang diterima, diatur menggunakan fitur "View once". Namun, kemungkinan besar keterangan itu akan muncul di awal saja.
- Setelah foto atau video dibuka, akan muncul keterangan "opened" (dibuka) dengan centang ganda bewarna biru, itu berarti menandakan file telah dilihat dan tidak akan bisa dibuka lagi.
Meski status "telah dilihat" di WhatsApp dinon-aktifkan, foto atau video yang dikirim menggunakan fitur "sekali lihat" tetap akan muncul dengan centang ganda bewarna biru jika pesan telah dibuka.

Fitur ini juga dapat digunakan dalam obrolan grup dalam berkirim pesan foto dan video otomatis terhapus sendiri. Fitur ini juga masih berlaku bagi pengguna WhatsApp yang belum menerima pembaruan terkait. Selain itu, pengguna WhatsApp versi web juga bisa memanfaatkan pengiriman foto dan video yang bisa terhapus sendiri itu.

Kita tunggu saja pengumuman resmi dari pihak WhatsApp akan mengeluarkan fitur ini meluas. Menurutinfo dari WA Beta Info, bahwa semua pengguna WhatApp di Android dan iOS akan segera mendapatkannya dalam waktu dekat ini. ***Terima Kasih***
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url