Kebijakan Baru Google hapus akun dan Data Pengguna


Semua pengguna akan mendaptkan pemberitahuan dari google tentang kebijakan baru untuk menghapus akun dan data dari penggunanya jika tidak aktif selama 2 tahun. Bagi yang menggunakan Gmail, Google Drive dan Google Photos harus segera tahu peraturan tersebut. Ini isi lengkap pemberitahuan tersebut lewat Email :

Perubahan kebijakan penting untuk penyimpanan akun google.

  • Pengguna google yang terhormat.

  • Kami ingin memberitahukan bahwa baru-baru ini kami mengumumkan kebijakan penyimpanan baru untuk akun google yang menggunakan Gmail, Google Drive (termasuk file Google Dokumen, Spreadsheet, Slide, Gambar, Formulir dan Jamboard), dan atau Google Photos. Kebijakan baru ini sesuai dengan praktik industri yang berlaku. Karena Anda sebelumnya telah menggunakan satu atau beberapa produk ini di penyimpanan Akun Google Anda, kami ingin menyampaikan kebijakan baru ini sebelum pemberlakuannya pada tanggal 1 juni 2021. Berikut adalah ringkasannya. Harap baca artikel Pusat Bantuan kami untuk mengetahui informasi perubahan selengkapnya.

    Ringkasan kebijakan baru (berlaku mulai 1 Juni 2021):

    • Jika Anda tidak aktif selama 2 tahun (24 bulan) di Gmail, Drive, atau Foto, kami dapat menghapus konten dalam produk yang tidak Anda gunakan. Pelanggan Google One yang tidak melebihi kuota penyimpanannya dan bereputasi baik tidak akan terpengaruh oleh kebijakan baru terkait akun tidak aktif ini.

    • Jika Anda melebihi batas penyimpanan selama 2 tahun, kami dapat menghapus konten Anda di Gmail, Drive, dan Foto.

    Arti kebijakan ini bagi Anda:

    • Anda tidak akan terpengaruh oleh perubahan ini kecuali jika Anda sudah tidak aktif atau melebihi batas penyimpanan selama 2 tahun. Meskipun kebijakan ini berlaku mulai 1 Juni 2021, penerapannya akan dimulai paling cepat 1 Juni 2023.

    • Setelah 1 Juni 2021, jika Anda tidak aktif atau melebihi batas penyimpanan, kami akan terlebih dahulu mengirimkan pengingat melalui email dan notifikasi sebelum menghapus semua konten.

    • Meskipun Anda tidak aktif atau melebihi batas penyimpanan untuk satu atau beberapa layanan ini dan konten dihapus, Anda tetap dapat login.

    • Catatan: Kebijakan penyimpanan yang melebihi kuota dan tidak aktif hanya akan berlaku bagi pengguna perorangan layanan Google. Kebijakan Google Workspace, G Suite for Education, dan G Suite for Nonprofits saat ini tidak berubah. Admin sebaiknya meninjau Pusat Bantuan Admin untuk mengetahui kebijakan penyimpanan terkait langganannya.

    Pelajari lebih lanjut cara agar akun tetap aktif.

    • Untuk mempelajari cara agar akun di produk-produk tersebut tetap aktif, buka halaman Pusat Bantuan.

    • Pengelola Akun Tidak Aktif dapat membantu Anda mengelola konten tertentu dan memberi tahu kontak tepercaya jika Anda berhenti menggunakan Akun Google selama jangka waktu tertentu (3-18 bulan). Catatan: kebijakan akun tidak aktif selama 2 tahun ini akan berlaku terlepas dari setelan Pengelola Akun Tidak Aktif. Anda dapat mempelajari perubahan ini dan cara mengelola akun sendiri atau akun orang terdekat lebih lanjut di Pusat Bantuan.

    Pelajari cara mengelola penyimpanan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan kami.
    Tim Google

Dalam peraturan barunya yang berjalan mulai 1 Juni 2021, Google memperjelas bila pemakai akun tidak aktif sepanjang 2 tahun di Gmail, Drive, atau Photos, raksasa teknologi asal Amerika Serikat ini bisa menghapus konten dalam produk yang tidak dipakai.
Walau peraturan ini berlaku mulai 1 Juni 2021, penerapan pada aplikasinya akan dimulai paling cepat 1 Juni 2023. Sesudah tanggal 1 Juni 2021, bila pemakai tidak aktif atau melewati batasan penyimpanan, Google akan lebih dulu mengirim peringatan lewat e-mail dan pemberitahuan saat sebelum meniadakan seluruh konten.
Kendati akun kita tidak aktif atau melewati batasan penyimpanan untuk satu atau beberapa layanan ini serta konten dihapus, Pengguna masih bisa masuk atau login pada akun.


Recommended Posts


Next Post Previous Post