5 Tips Menggunakan Headset Agar Telinga Anda Lebih Sehat

DuaLipa.id - Headset adalah barang yang akan selalu ada di tas Anda dan tidak pernah ketinggalan untuk dibawa kemanapun Anda pergi. Karena item ini sangat nyaman dan menjadi favorit banyak orang untuk dijadikan teman dalam berbagai aktivitas. Namun meski begitu perangkat tersebut sangat membantu beberapa aktivitas Anda. Setidaknya Anda harus memperhatikan beberapa hal, agar penggunaan alat tersebut aman bagi telinga Anda dan tidak menimbulkan efek negatif.Berikut 5 Tips Menggunakan Headset Agar Telinga Anda Lebih Sehat ?

1. Hindari menggunakan headset di tempat yang bising


headset


Sebagian orang, sering menggunakan headset di tempat yang ramai dan cukup bising. Alasannya cukup masuk akal, yakni agar ia bisa rileks dan tidak terganggu dengan kebisingan di sekitarnya. Namun hal ini jelas sangat salah untuk Anda lakukan. Karena tentunya Anda akan meninggikan volume, agar kebisingan di sekitar Anda tidak mengganggu. Ingat guys, mendengarkan sesuatu dengan volume yang sangat besar itu tidak disarankan lho. Apalagi jika dilakukan dalam waktu yang lama.

2. Pilih jenis headset yang aman untuk telinga Anda


jenis headset


Saat memilih jenis headset, usahakan jangan memilih jenis earphone kecil yang langsung masuk ke liang telinga. Hal ini dilakukan, karena suara dari perangkat jenis ini akan menutupi seluruh liang telinga Anda. Begitu pun udara, akan sangat sulit masuk ke telinga. Biar lebih aman, coba saja pilih karet yang lebih besar.

3.Perhatikan kebersihan headset yang Anda miliki saat ini


kebersihan headset


Apapun barang yang Anda miliki dan sering Anda gunakan, Anda harus memperhatikan tingkat kebersihannya. Begitu juga dengan headset yang anda gunakan hampir setiap hari, sebagai teman dalam menjalankan aktivitas anda. Pastikan Anda rutin mengganti spon atau karet penutup headset sebulan sekali. Meskipun perangkat Anda tidak memiliki karet atau spons, Anda dapat membersihkannya setiap hari. Tidak hanya itu, Anda juga disarankan untuk tidak meminjamkan headphone Anda kepada orang lain. Hal ini dilakukan, agar terhindar dari infeksi telinga

4. Untuk mengurangi resiko kecelakaan, hindari penggunaan perangkat saat mengemudi


resiko kecelakaan


Jika Anda merasa bosan saat mengendarai kendaraan, jangan pernah memilih untuk mendengarkan musik dengan headset. Karena hal ini justru akan mengganggu pendengaran anda dari kendaraan di belakang atau akan membuat konsentrasi anda terganggu. Ingat, berkendaralah dengan baik dan patuhi peraturan lalu lintas.

5. Hindari pemakaian terlalu lama dan lebih dari satu jam


mengurangi resiko kecelakaan


Mendengarkan musik sambil bekerja dan ditemani headset, pasti akan semakin nyaman dan membuat semangat kerja Anda semakin meningkat. Namun jika hal ini dilakukan cukup lama dan tidak ada jeda sama sekali, maka kenyamanan tersebut akan berubah menjadi masalah bagi telinga Anda. Jangan terlalu memaksakan telinga Anda dengan menggunakan perangkat itu selama berjam-jam. Berikan waktu bagi telinga Anda untuk beristirahat dan bebas menggunakan alat ini.

Jadi, itulah beberapa Tips Menggunakan Headset Agar Telinga Anda Lebih Sehat yang bisa saya rakum pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membaca ulasan ini. Topik Menarik lainnya hanya ada di DuaLipa.id


Related Post

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url