Cara Daftar Google News dan Manfaat untuk Blog

Cara Daftar Google News dan Manfaat untuk Blog


Daftar di Google News untuk blog adalah langkah terbaik buat artikel cepat terindeks digoogle dan menolong mendatangkan trafik pengunjung organik. Secara langsung menaikan hasil Blog dari google adsense karena trafik organik naik.

Google News merupakan produk dari google yang cukup terkenal karena memberikan informasi terbaru, akurat dan terupdete dikemas dalam bentuk berita dari beragam situs di penjuru dunia, termasuk Indonesia. Google Berita memiliki banyak pembaca karena memberikan segudang manfaat, dengan kepopuleran google news pemilik Blog menjadikan ini sebuah peluang agar situsnya populer dan banyak pengunjung dengan mendaftar di Google news dan menjadi Publisher.

Google News dibuat tidak cuma untuk tempat berita online yang ternama semata-mata. Situs berbasiskan Blogspot dan WordPress, dapat juga didaftar ke Google News. Sebuah konten yang menarik, unik dan original dari Blog akan direkomendasikan diberita utama jika benar-benar pantas dan memikat diterbitkan oleh Google News.

Apakah saya daftar Google News memberikan manfaat ?... Ya ada manfaat yaitu:
 

Manfaat setelah Daftar Google News.

Setelah Blog didaftar pada Google News dan diterima akan ada manfaat didapat, yaitu:
  1. Artikel cepat terindeks di Google.

    Artikel yang ada atau baru di buat akan cepat terindeks dan berada pada Hasil Pencarian google, apalagi saat ini fitur inspeksi URL google search console mengalami masalah dan dinonaktifkan mulai tanggal 14 November 2020 sampai saat ini masih belum bisa digunakan. Dengan mendaftar di Google News peluang besar artikel atau konten cepat terindeks bahkan, Google News tidak akan sangsi untuk memberikan website dengan konten informasi unik dan bermutu untuk tampil di hasil paling atas penelusuran dengan kata lain masuk halaman 1 Google.
  2. Menaikkan Jumlah Pengunjung Organik.

    Dengan banyaknya pengunjung pada Google News mempermudah konten atau artikel anda muncul di hasil pencarian, dengan kata lain semakin cepat konten kamu di temukan dihasil penelusuran akan semakin besar peluang Menaikan Jumlah Pengunjung Organik.

Cara Daftar Google News.

Supaya Blog cepat terindeks di Google harus Daftar Google News dan miliki manfaatnya. Agar Blog anda cepat diterima mesti penuhi persyaratannya, ini dia persyartan dari Google News.
  1. Syarat Google News .

    • Buat Blog Berita.
      Seperti namannya google berita, jadi blog harus menmapilakan berita. Sebernannya tidak juga harus Blog Berita intinya artikel yang di sajikan pada blog anda harus relevan menyajikan informasi yang berguna dan bermanfat. Banyak juga situs berbasiskan Blogspot dan WordPress yang sudah diterima dan menjadi publisher Google News, Karena setelah mendaftar Google News akan melakukan seleksi secara manual untuk memastikan kelayakan sebuah website atau Blog memenuhi kriteria mereka sebagai tujuan menyajikan berita terbaru, Informasi menarik dan terpercaya memberikan banyak manfaat bagi pengguna.

    • Konten Bermutu.
      Membuat konten berkualitas dan bermutu adalah penting untuk sebuah website karena konten adalah jiwa dari sebuah blog. Membuat konten bermutu dan berkualitas tidak perlu saya jelaskan disini, semua pemilik Blog pasti mengerti dan memahami tentang apa dan bagaimana menciptakan konten bermutu itu.

    • Buat Url unik dan tetap.
      Membuat Url unik pada artikel mungkin semua sudah paham tak perlu di jabarkan lagi panjang lebar yang perlu saya singgung adalah tetap, Maksud tetap disini adalah jangan di gonta ganti Url yang sudah dibuat atau diposting akan membuat blog anda tidak tayang di Google News. Itu menghalangi keinerja dari crawling Googlebot untuk konten berita pada blog anda.

    • Tampilan Blog harus Menarik Dan Responsif.
      Buatlah tampilan blog anda menarik dan unik terlihat responsif di perangkat desktop maupun mobile (HP), dengan begitu membuat nyaman pengguna.

    • Umur Blog Enam Bulan.
      Blog kamu yang akan didaftar sebagai publikasi harus minimal berumur 6 bulan.

    • Navigasi yang jelas.
      Maksud dari Navigasi yang jelas adalah: Buatlah navigasi yang jelas dari beberpa halaman dan menu atau label. Supaya peralihan dari satu halaman ke halaman lain itu jelas, karena itu merupakan satu faktor penentu seleksi diGoogle News.


    sesudah anda pahami syarat diatas mari kita masuk tentang cara daftar.
  2. Cara Daftar.

    Dalam mendaftar di Google News itu tidak terlalu sulit asal kamu mengerti caranya. Berikut ini cara yang dapat kamu lakukan untuk mendaftar:

    • Akun Google.
      Gunakan akun google kamu untuk masuk dan kilk disini

    • Verifikasi kepemilikan Google Search Console.
      Untuk cara Verifikasi kepemilikaan blog di google console tak perlu di jelaskan lagi karena semua pemilik blog pasti terverifikasi kepemilikan diGoogle Search Console. Pastikan kamu Buat dan menambhakan sitemap xml di wesbite atau blog. Hal ini mempunyai tujuan buat Google News, yang terus mengupdate perubahan yang berlangsung di situs.

    • Masuk di Google News Publisher Center.
      Setelah kamu berhasil masuk pada Publisher Center Untuk mendaftrakan blog anda, sekarang lanjut ketahap berikutnya di bawah ini:

      1. Tambahkan Wesbite/Blog.
        Silakan menambahkan blog Anda pada pilihan + Tambahkan publikasi, dan kilk.


      2. Cara Daftar Google News dan Manfaat untuk Blog


      3. Masukan nama publikasi Anda.
        Masukan nama Wesbite/Blog sebagai Publikasi baru dan klik simpan.


      4. Cara Daftar Google News dan Manfaat untuk Blog


      5. Masukan Informasi dasar.
        Masukan Informasi dasar seperti:
        • Deskripsi (wajib diisi).
          Silahkan diisi dengan deskripsi tentang blog anda.

        • Kategori (wajib diisi).
          Pilih kategori yang menjadi pilihan sesuai dengan Wesbite/Blog. Klik ikon segitiga kecil terbalik.

        • Bahasa utama (wajib diisi).
          Masukan bahasa utama yang di gunakan pada blog anda, jika menggunakan bahasa indonesia masukan bahasa indonesia.


        • Cara Daftar Google News dan Manfaat untuk Blog


      6. Tambahkan URL properti situs.
        Tambahkan URL properti situs kamu dengan properti awalan URL yang hanya mencakup URL dengan awalan dan protokol yang ditentukan (https://example.com) atau properti domain yang mencakup semua subdomain dan beberapa protokol (example.com). Harus pastikan sudah terverifikasi dalam Google Search console.


      7. Cara Daftar Google News dan Manfaat untuk Blog


      8. Lokasi.
        Pilih negara tempat alamat publikasi Blog Anda berada.

        Cara Daftar Google News dan Manfaat untuk Blog


      9. Kontak.
        Sediakan kontak untuk publikasi Anda, yaitu alamat email dan klik "+ Kontak Baru", masukan email anda kemudian klik Tambahkan untuk menyimpan.

        Cara Daftar Google News dan Manfaat untuk Blog


      10. Distribusi.
        • Negara.
          Silahkan masukan negara yang akan menjadi tempat distribusi website kamu. Jika ingin menampilkan negara tertentu pilih Izinkan negara tertentu Pilih negara yang disertakan. jika ingin menampilkan Blog untuk semua negara pilih Seluruh dunia.

        • Properti Google.
          Untuk memasukan Properti Google pilih Izinkan semua properti.


        • Cara Daftar Google News dan Manfaat untuk Blog

      11. Pelacakan.
        Untuk dapat memanatau pergerakan lalu lintas ke konten Anda di aplikasi Google Berita, hubungkan publikasi Anda ke akun Google Analytics dengan memasukan ID pelacakan Google Analytics Blog anda. Contoh UA-000000-1

Setelah kamu selesai dengan langkah diatas silahkan klik Simpan yang berada disudut kanan paling atas dan silahkan digulir kebawah cari Berikutnya dikanan bawah kemudian tab, akan diarahkan ke langkah selanjutnya.
  1. Rubrik.
    Tambahkan Rubrik konten anda yang akan akan muncul sebagai tab dalam publikasi Anda di aplikasi Google Berita. Klik + Rubrik Baru. Pilih beberapa pilihan ini:
    • Feed.
      Silahkan isi dengan feed situs atau blog anda. Untuk WordPress silakan isi saja dengan feed standar, contoh feed blog: https://www.dualipa.id/feeds/posts/default?max-results=999999&alt=json-in-script&callback=loadtoc Ganti www.dualipa.id dengan alamat blog anda. Buat Akses dapat dilihat Siapa saja. dan pilih opsi feed Buat artikel langsung dari feed. Beri tanda biru pada Gunakan Konten feed, jika menggunakan AMP pilih Gunakan AMP. Beri tanda centang pada Penghapusan gambar duplikat. Terakhir klik Tambahkan.

    • Lokasi Web.
      Untuk bagian Lokasi web dapat memungkinkan anda untuk membuat bagian publikasi dengan artikel atau URL yang detil dari situs anda.

    • Video.
      Video dapat ditambah dengan publikasi dari channel Youtube kamu.

    • Feed yang dipersonalisasi.
      Bagian ini dapat dibuat dengan konten yang sudah dipilih berdasarkan minat pembaca dari google untuk publikasi.


    • Cara Daftar Google News dan Manfaat untuk Blog


  2. Label konten.
    Tambahkan label konten ke bagian situs atau seluruh situs Anda untuk membantu Google mengklasifikasikan konten Anda. Label termasuk: opini, buatan pengguna, satir, siaran pers, dan blog. (isi dengan URL label blog anda).

  3. Memverifikasi kepemilikan URL.
    Semua konten yang terkait dengan publikasi Anda di Google Berita harus terverifikasi. Masukan Alamat URL blog yang sudah terverifikasi di google console.

    Cara Daftar Google News dan Manfaat untuk Blog


  4. Logo.
    Upload logo yang digunakan situs kamu, dengan kriteria sebagai berikut :
    • Panduan gambar logo.
      • Desain.
        Sertakan nama lengkap publikasi dengan teks yang dapat dibaca.
      • Format file.
        PNG.
      • Dimensi.
        Direkomendasikan: Lebar 400 piksel.
        Diperlukan: Minimum lebar 200 piksel dan tinggi 20 piksel.
        Rasio lebar ke tinggi tidak boleh lebih dari 10:1 (misalnya, jika lebar 2000 piksel, tinggi tidak boleh kurang dari 200 piksel).

  5. Penghasilan.
    Masukan akun Adsense kamu untuk menerima penghasilan, pub-1230004561453456 (ADSENSE).

  6. Lanjutan.
    Pada kolom isian ini silahkan dilewati saja.

  7. Tinjau & Publikasikan.
    Sebelum mengirimkan publikasi Anda ke aplikasi Google Berita, tinjau dan atasi masalah apa pun kemudian klik Publikasikan.

    Cara Daftar Google News dan Manfaat untuk Blog


Sesudah anda sukses mendaftarkan blog di google berita, maka website anda akan masuk bagian review (peninjauan) dan posisinya bisa menjadi IN REVIEW seperti gambar ini:

Cara Daftar Google News dan Manfaat untuk Blog


Tunggu sampai proses review (peninjauan) selesai, maka blog anda akan siap menjadi publisher di google news. Proses ini memerlukan waktu kira kira 3 sampai 7 hari, maka tampilan blog anda sudah diterima Google News akan menjadi Tayang statusnya lihat gambar :

Cara Daftar Google News dan Manfaat untuk Blog


Jika dalam hal mendaftar kamu mengalami penolakan atau tidak diterima jangan kecewa atau putus asa. Perbaiki kesalahan yang ada dan lakukan pendaftaran kembali. Oke

Selamat mencoba dan berhasil....


Recommended Posts


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url